About

Ketika segala bentuk pengetahuan terdomestifikasi dalam kepala orang-orang itu saja dan dikembangkan terbatas dengan model-model kapitalistik, sama artinya bahwa kita (manusia yang mayoritas itu) dibodohi secara terencana, dikendalikan, dan terhegemoni dengan pengetahuan yang begitu-begitu saja, kehilangan nalar kritis sebagai manusia, dan tanpa sadar menjadi individu-individu seperti mereka (yang minoritas tapi sangat rakus itu). Akhirnya benar kata Widji Thukul kan, yang seperti itu harus dilawan; dibongkar. Terlepas seperti apa dan bagaimana caranya, terpenting kita berangkat dengan logika yang sekehendak. Membongkar sistem itu mungkin, tapi bila kita kehilangan kepercayaan, sama halnya kita tidak akan pernah memiliki apapun.

ideantara.com dicitakan menjadi sindikasi pengetahuan sederhana, bagi mereka yang mempercayai bahwa setiap pengetahuan dapatlah diperoleh tanpa perlu menghitung berapa tebal kocek di saku celana. Bagaimanapun juga, patenisasi adalah pembodohan terencana, sedangkan seorang plagiat pastilah orang bodoh yang berlagak pintar. Kita hanya perlu jujur dan menyadari bahwa ilmu pengetahuan tidak berkembang secepat yang digembar-gemborkan, tetapi hanya ‘dikerjakan’ oleh segelintir orang yang ‘dianggap’ menjadi representasi mayoritas peradaban. Jadi, tidak ada alasan untuk teralienasi, terutama dari pemikiran anda sendiri. Karena hakikatnya setiap dari kita sebenarnya adalah pencipta dari peradaban itu sendiri.

Anda dapat mengirimkan artikel tentang ilmu sosial, baik itu bertema politik, komunikasi, hubungan internasional, arkeologi, antropologi, feminisme, sosiologi, psikologi, hukum, kebijakan publik, dll [current issues], dialektika, citizen journalism, filsafat, tinjauan religi, urban culture [kajian perkotaan], ecologica [kajian lingkungan], cultural studies, dan apapun yang anda anggap bermanfaat bagi peradaban manusia. Sertakan profil diri, pas foto, dan nomor rekening bank. Kami selalu menginformasikan setiap artikel yang akan dimuat kepada penulisnya. Email tulisan anda ke: editor[at]ideantara.com

-dari ideantara untuk Indonesia: reborn.