Penerapan Public Relations di Grapari Telkomsel

Written by Andyka Wisnu Murti – Alumni Administrasi Negara Universitas Jember

Perkembangan pasar global menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi-organisasi dunia seperti perkembangan teknologi yang begitu pesat dan arus informasi yang tanpa batas, baik yang berorientasi penuh profit oriented maupun yang sebatas berfungsi melayani publik. Karena itu di perlukan berbagai macam strategi yang matang untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh sebuah organisasi. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi adalah dengan penerapan public relation yang efisien dan efektif. Dengan maksud mengetahui dan memahami segala hal yang berkaitan dengan khalayak umum. Public relation sendiri merupakan suatu cara bagaimana menciptakan komunikasi dua arah antara pihak pemberi pelayanan/pembuat produk dengan pelanggan/masyarakat umum. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antara keduanya. Dan dalam aplikasi tentang public relations sendiri dapat kita lihat seperti yang ada dalam Telkomsel sebagai perusahan jasa layanan yang bergerak dalam spesifikasi layanan jasa telekomunikasi.

Telkomsel merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang telekomunikasi yang melayani masyarakat luas yang menggunakan teknologi komunikasi. Di dalam memberikan pelayanan terhadap customer atau pelanggan dan juga karyawannya, Telkomsel harus mempunyai public relations yang mengatur hubungan keluar, disini yang dimaksud adalah customer atau pengguna, dan juga hubungan di dalam Telkomsel itu sendiri, yaitu hubungan antar karyawan. Di dalam Telkomsel sendiri semua jajaran karyawan di dalamnya merupakan seorang public relations karena Telkomsel adalah perusahaan penyedia jasa.

Visi dari Telkomsel adalah :

The Indonesian Wireless Communications Solutions Company ( penyedia solusi telekomunikasi nirlabel yang terkemuka di Indonesia).

Misi dari Telkomsel adalah :

Menjadi pilihan utama sebagai penyedia solusi telekomunikasi nirkabel di Indonesia dan bekerjasama dengan para pemegang saham dan mitra usaha lainnya untuk menghasilkan nilai tambah bagi investor, karyawan dan Negara.

Disini disebutkan bahwa seorang public relations tidak sama dengan humas karena cakupan dari public relations itu sendiri lebih luas, yaitu selain berhubungan dengan masyarakat, seorang public relations harus bisa mengkomunikasikan semua informasi kepada seluruh karyawan dan tetap bisa menjaga reputasi baik perusahaan dihadapan masyarakat luas.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oles seorang public relations, antara lain :

  • Reputasi organisasi, seorang public relations harus bisa menjaga reputasi organisasi agar citra baik dari suatu perusahaan tetap terjaga dan masyarakat luas tetap memberikan kepercayaan terhadap organisasi tersebut.
  • Menghadapi fungsi-fungsi organisasi, seorang public relations harus bisa menjalankan fungsi-fungsi organisasi dengan baik sehingga kerjasama dalam organisasi dapat terjalin dengan baik.
  • Menyampaikan informasi tentang kebijakan, aktivitas dan prestasi, seirang public relations harus bisa menyampaikan informasi dari perusahaan baik berupa kebijakan, aktivitas, da prestasi yang dicapai oleh perusahaan. Tujuannya bagi karyawan organisasi adalah agar mereka tetap semangat dalam menjalankan tugas, dan untuk customer adalah agar mereka tetap menggunakan produk dari perusahaan tersebut.
  • Press Release, disini adalah seorang public relations harus bisa membuat press release yang menarik yang diberikan pada customer pada saat peluncuran produk baru atau launching produk agar semua orang dapat tertarik dengan produk tersebut.
  • Mengatur kontak antara perusahaan dengan organisasi/ public, seorang public relations harus bisa menjaga hubngan baik dengan perusahaan lain agar jika ada kerjasama dapat dilaksanakan dengan mudah.
  • Advertising & sales promotion, public relations juga melakukan publikasi terhadap produk baru sehingga produk tersebut dapat bersaing di pasaran.

Ada juga beberapa hal yang harus dihindari dari seorang public relations, yaitu:

  • Mengulang perkataan
  • Mengulang pendapat orang lain
  • Membumbui/ menambahkan kata-kata
  • Ritme bicara serba “terlalu”, terlalu cepat atau terlalu lambat
  • Hati-hati dengan lelucon
  • Topik pribadi.

Dalam melayani pelanggannya Telkomsel menerapkan budaya perusahaan yang diterapkan sehingga Telkomsel dapat memberikan pelayanan yang maksimal, budaya perusahaan itu meliputi :

  • Kedekatan dengan pelanggan : Sikap yang secara konsisten peduli, menghargai dan berupaya untuk memahami, serta memenuhi kebutuhan pelanggan secara optimal. Sehingga customer disini akan merasa sangant dihargai dan tetap menggunakan jasa dari Telkomsel.
  • Kerjasama : Berupaya secara konsisten untuk membangun sinergi dalam hubungan kerja dan menghargai perbedaan dalam tim untuk mencapai tujuan bersama.
  • Profesionalisme : Upaya secara konsisten untuk memiliki tanggung jawab dan kompetensi dalam menyelesaikan pekerjaan dan memberikan pemecahan masalah yang terbaik
  • Integritas : Konsistensi antara moral dan tindakan yang sesuai dengan standar etika dan praktik yang benar.

Publik sasaran dari Telkomsel ada 2, yaitu :

Publik sasaran internal

Yang dimaksud disini adalah karyawan yang ada di Telkomsel, seorang public relations officer juga merupakan motivator bagi karyawan, yang dapat dilakukan oleh seorang public relations officer adalah :

  • Melakukan outbond yang diikuti para karyawan, tujuannya adalah mempererat hubungan persaudaraan antar karyawan dan memberikan sarana “refreshing” karena kepenatan kerja yang dihadapi para karyawan.
  • Employee gathering di luar negeri yang dilakukan ke Singapura.
  • Employee gathering di dalam negeri yang dilakukan di Bali.
  • Family gathering yang bertujuan memberikan kedekatan emosional pada para keluarga karyawan yang ada di Telkomsel.
  • Menerbitkan majalah SIGNAL yang berisi tentang kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Telkomsel sehingga dapat diketahui seluruh karyawan. Dan memberitahukan juga apabila ada produk baru yang sedang diluncurkan.

Publik sasaran eksternal

Terdiri dari pelanggan atau pengguna jasa, komunitas atau masyarakat sekitar, pemerintah, dan media massa baik itu media cetak maupun media elektronik.

Public sasaran yang pertama adalah Pelanggan atau pengguna jasa, yang dilakukan oleh public relations Telkmsel adalah :

  • Memberikan apresiasi terahdap pengguna Telkomsel dengan memberikan ucapan selamat ulang tahun dll.
  • Memberikan maintenance komunitas terhadap pelajar SMA, diantaranya adalan adanya school ID yang mempermudah pengguna Telkomsel di tingkat SMP dan SMA
  • Memberikan maintenance komunitas outlet-outlet Telkomsel yaitu dengan mengadakan rafting bersama atau kegiatan outbond lainnya.
  • Mengadakan dunia anak Telkomsel, yang mempunyai tujuan memanjakan pengguna Telkmsel agar bias lebih dekat dengan keluarganya.
  • Untuk pelanggan yang diharapkan, Telkomsel mengadakan exhibition sehingga mereka dapat memperkenalkan produk mereka kepada khalayak ramai.

Public sasaran yang kedua adalah komunitas atau masyarakat sekitar, Telkomsel juga menunjukkan bahwa mereka juga peduli terhadap apa yang ada dan terjadi di sekitar mereka dengan melakukan :

  • Memberikan bantuan kepada korban banjir di Situbondo agar mereka dapat sedikit terbebas dari penderitaan mereka.
  • Mengadakan nikah missal bagi pasangan yang tidak mampu dan tidak memiliki biaya untuk melakukan pernikahan.

Telkomsel melakukan kegiatan ini dengan tujuan agar dapat membantu masyarakat dan juga Telkomsel mendapatkan citra baik dari masyarakat sehingga baik perusahaan maupun masyarakat sama-sama mendapatkan dampak positif.

Public sasaran yang ketiga adalah pemerintah, dalam hal ini Telkomsel membantu pemerintah dalam penyelenggaraan Bulan Berkunjung ke Jember (BBJ) sehingga pelaksanaan BBJ dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Public sasaran yang keempat yaitu media massa, yang telah dilakukan Telkomsel adalah mengundang media massa setiap Telkmsel mengadakan suatu acara, agar kegiatan tersebut dapat dipublikasikan kepada khalayak ramai. Selain itu Telkomsel juga melakukan talk show di radio, diantaranya adalah Kiss FM dan radio Soka, hal ini bertujuan untuk melakukan Tanya jawab seputar kegiatan atau produk yang dimiliki oleh Telkomsel.

Jadi, dalam suatu perusahaan public relations officer memegang peranan penting, yaitu bagi internal perusahaan, PRO harus bisa menjadi motivator dan juga menginformasikan kebijakan dari atasan sehingga kerjasama antar karyawan dapat terjalin dengan baik. Sedangkan bagi public eksternal PRO harus bisa memberikan apresiasi terhadap pelanggan tetap sehingga mereka tetap memberikan kepercayaan terhadap Telkomsel, untuk pelanggan yang diharapkan, PRO harus memperkenalkan produk Telkomsen dan menunjukkan citra baik agar masyarakat memberikan perhatian terhadap Telkomsel dan menggunakan Produk-produk Telkomsel. PRO juga harus menjaga hubungan baik dengan masyarakat dalam rangka titip diri terhadap masyarakat dan agar tercipta kesinergisan dengan masyarakat sekitar.

KESIMPULAN

Dari uraian diatas, dapat kita pahami bersama bahwa fungsi public relation tidak bisa dianggap remeh dalam perjalanan sebuah organisasi. Jika kita cukup mengamini adagium ” pembeli adalah raja”, maka juga pasti akan mengamini bahwa publik relation merupakan sesuatu yang harus diketahui, dimengerti dan di pahami baik dalam tataran teoritis maupun fenomena-fenomena dalam aplikasinya.

Sekiranya dengan apa yang disajikan oleh tekomsel tentang fungsi-fungsi dan contoh aplikasinya cukup memberi pemahaman tentang publik relations, walaupun pada hakekatnya masih banyak lagi bentuk-bentuk/cara-cara yang dapat digunakan dalam menjaga hubungan antara pihak pembuat/pelayanan dengan khalayak umum.

Namun jika di disimpulkan secara umum, penerapan public relation dalam telkomsel sudah sangat baik, hal tersebut terbukti dengan semakin lebarnya sayap telkomsel untuk menguasai pangsa pasar pengguna jasa telekomunikasi. Karenanya publik relation dalam telkomsel dapat dijadikan sebagai salah satu parameter utama dalam hal publik relation oleh organisasi-organisasi lain yang sampai saat ini masih berharap untuk  mengembangkan organisasinya.[]

Tinggalkan Balasan